Bawang Hitam

Bawang Hitam

Penjualan item ini telah memberikan kontribusi sebesar Rp. 10.630.000,- ke Bea Siswa ITB84

Bawang hitam ini diproduksi oleh Pipin - FA84

Tata cara pembelian :

  • Kirim pemesanan melalui WA ke Tim Bea Siswa ITB84. Kami akan mengkonfirmasikan ketersediaan barang
  • Harga per botol / 100 gram = Rp. 125.000,-
  • Setiap pembelian satu botol, anda menyumbang Rp.25.000,- ke Bea Siswa ITB84
  • Biaya pengiriman Rp. 15.000/botol

 

bawang02  bawang03  bawang04 

 

Edy Marwanta (Farmasi 83)
Efektifitas Black Garlic, Menjaga Kadar Gula Darah Tanpa Obat (1)
Team riset kami melakukan review dan riset produksi Black Garlic skala 200 kg menggunakan bahan baku bawang tunggal (bawang lanang) dan melakukan serangkaian pengujian untuk penyakit degeneratif.

Black garlic adalah bawang putih yang telah di proses secara fermentasi pada suhu dan kelembaban tinggi dalam waktu yang lama (30 hari), sehingga menghasilkan senyawa baru yang mempunyai efek farmakologis. Black garlic awalnya dikembangkan di Jepang dan Korea. Disebut fermentasi, namun tidak melibatkan mikroba. Proses fermentasinya adalah enzimatis, yang mengubah karbohidrat menjadi gula dan protein menjadi asam amino. Kemudian juga ada proses reaksi Maillard. Proses ini menghasilkan senyawa-senyawa farmakologis.

Dalam 5 tahun terakhir ini banyak keluar publikasi terkait khasiat black garlic. Uji pada hewan menunjukkan bahwa black garlic berpotensi sebagai antikanker, menurunkan kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah tinggi dan melindungi hati (hepatoprotektor). Laporan lain menyebutkan potensi untuk pengobatan leukimia, anti alergi. Potensi untuk pencegahan dan pengobatan endometriosis juga telah dilaporkan. Studi kasus, black garlic dapat menyembuhkan psoriasis (penyakit kulit akibat autoimun).
Efektifitas black garlic tergantung proses produksinya. Perbedaan metode produksi akan menghasilkan kadar senyawa farmakologis yang berbeda.

Di masyarakat Korea telah populer membuat black garlic sendiri. Juga telah dijual alat pembuatan black garlic (black garlic fermentor). Black garlic fermentor sendiri juga settingnya untuk proses 12 hari. Jika melewati 12 hari produknya akan menjadi kering dan gagal.

Studi yang kami lakukan, menunjukkan bahwa lama waktu proses, suhu, dan kelembaban menghasilkan kadar senyawa farmakologis yang jauh berbeda. Misalnya kandungan arginine. Arginine (L-arginine) adalah asam amino yang dikatakan mempunyai peran memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat membantu mengatasi penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi. Arginine juga dikatakan meningkatkan gairah seksual. Pada riset kami menunjukkan bahwa hingga minggu ke-2 belum meningkat secara signifikan. Kandungan arginine dalam black garlic dicapai tertinggi setelah 3 minggu proses dalam kondisi suhu dan kelembaban tinggi.

Dengan metode yang kami kembangkan, black garlic yang dihasilkan mengnadung arginine hingga 4 kali lipat lebih tinggi dari bawang putih. Hasil analisa juga menunjukkan kandungan arginine yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk Korea yang di pasaran.

Uji toksisitas akut dilakukan di Sekolah Farmasi ITB. Hasilnya bahwa hewan uji yang diberi black garlic hingga 15 gram per kg berat badan masih tidak menunjukkan gejala keracunan. Ini setara 750 gram untuk berat badan 50 kg.

Untuk uji klinis memerlukan biaya mahal. Uji klinis tahap 1 pun kisaran biaya 500-700 juta. Maka kami memulai dengan “uji klinis” (dalam tanda petik) di lingkungan sekitar. Dilakukan kepada relawan yang mempunyai masalah diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, asam urat dan beberapa penderita stroke. Pengukuran indikator kadar gula darah, kolesterol, asam urat dan tekanan darah diukur sebelum dan setelah konsumsi dalam jangka waktu tertentu.

Hal yang mengejutkan, pertama kali yang menyatakan testimoni adalah efek afrodisiak, peningkatan gairah seksual. Ini yang membuat team semangat untuk melanjutkan riset.

Date

08 April 2017

Tags

Produk

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal