Seni fund raising untuk ITB

1A1T ITB84ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang positif. Ini adalah cerita soal fund raising dalam rangka mengumpulkan Dana Lestari ITB - 1A1T.

Bulan Februari 2018 yll, saya mengajak seluruh teman2 ITB84, secara bersama2 mengumpulkan dana kolektif, minimal sebesar Rp. 1 M untuk ditempatkan di reksadana ITB Harmoni - BNI AM. Hitungannya sederhana, dari 21 jurusan dan k.l. 500 - 600 alumni ITB84 yang aktif, maka secara teoritis harusnya mudah mencapai nilai tersebut. Ini bukan uang satu dua orang saja, tapi uang kolektif banyak alumni.

Jurusan saya mengawali dengan nilai Rp. 50 juta. Hal itu segera memancing jurusan2 lain melakukan pengumpulan dana dengan jumlah yang sama. Dalam waktu singkat terkumpul Rp. 350 jutaan. Jumlah itu tidak bergerak naik cepat, dan berhenti agak lama. Tiba2 pada akhir Maret, ada jurusan yang bersedia menempatkan dana Rp. 135 juta. Jurusan lain pun kembali ikut tergerak. Angka dana kolektif naik lagi ke Rp. 500 jutaan.

Saya post jumlah tersebut ke wa group ITB yang lebih besar pada malam ini. Ternyata hal yang dilakukan ITB84, berhasil menginspirasi angkatan senior yang bersedia menempatkan dananya secara kolektif sebesar Rp. 550 juta. Saya balik lagi post ke group wa ITB84 dengan pesan singkat, "Hoi... ada yang lebih gede dari kita nih..!". "Masak ITB84 sebagai inisiator Dana Lestari ITB - 1A1T yang akan dilaunch 18 April 2018 nanti, jumlahnya kalah gede dari angkatan lain..?"

Berita itu segera saja direspon beberapa jurusan ITB84 lain yang sebelumnya belum bereaksi dengan progran kolektif ini. Salah satu jurusan merespon dng jumlah Rp. 150 juta. Jurusan lain ada yang masuk dng Rp. 40 juta dan ada yang menambah lagi Rp. 25 juta. Alhasil, sampai malam ini, terkumpul sejumlah Rp 689 juta. Sebelum Rabu jumlah itu sudah akan masuk ke rekening RD ITB Harmoni - BNI AM. Sementara itu masih ada lagi komitmen Rp. 150 juta dari 3 jurusan yg belum masuk, plus 7 jurusan lain yg belum menyebutkan nilainya. Jadi inshaAllah target Rp. 1 M akan bisa tercapai, bahkan mungkin bisa lebih.

Alumni retail yang jumlahnya ribuan itu potensial donasinya besar, bahkan mungkin bisa jauh lebih besar daripada alumni anchor/institusi. Potensi alumni retail ini, belum pernah digerakkan secara masif, dengan cara yang tepat. Selama ini kita tahunya yang mau berdonasi ke ITB, hanya para alumni big boys saja.

Semoga kebersamaan para rakyat alumni ITB84 ini bisa menginspirasi angkatan2 lainnya untuk melakukan hal yang sama kepada ITB. Dulu kita bayar SPP murah, sudah saatnya kita mengembalikan sebagian yang kita peroleh dari ITB, untuk adik2 dan anak2 kita yang belajar di ITB.

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

ITB dapat apa..?
16 Apr 2018 16:42

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat ap [ ... ]

Selanjutnya
Seni fund raising untuk ITB
16 Apr 2018 16:40Seni fund raising untuk ITB

ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang  [ ... ]

Selanjutnya
Lama-lama Jadi Bukit
23 Feb 2018 17:05

Lama-lama Jadi Bukit Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 [ ... ]

Selanjutnya
Dana Lestari ITB - seri 6
23 Feb 2018 17:03

Dana Lestari ITB - Seri 6
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun Ketika baru minggu lalu kami menggulirkan tag line [ ... ]

Selanjutnya
Berita Lainnya
©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal