Lama-lama Jadi Bukit

Lama-lama Jadi Bukit

Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 Trilyun itu memang sangat besar dan membuat banyak orang keder duluan sebelum ikut berdonasi. Bagaimana tidak keder? Wong alumni yang dari awal tidak ada niat untuk menyumbang saja sudah keder duluan mendengar angka 1T itu, apalagi alumni yang memang sangat ingin merogoh koceknya untuk berdonasi bagi almamater yang telah membesarkannya. Angka 1T pasti bikin lutut gemetar.

Benarkah angka 1T itu terlalu bombastis? Awalnya mas Gadjahmada, AR84 dan Ketua Forum ITB84 yang menggagas inisiatif 1A1T, ingin angka 1T itu betul-betul angka endowment fund yang digalang dan didonasikan untuk ITB. Sehingga kalau dana itu terkumpul dan diinvestasikan, maka setiap tahun bisa menyumbang dana sekitar 70 milyar untuk ITB. Sebuah angka yang masuk akal. Apalagi kalau merujuk endowment fund yang dimiliki Harvard University sebesar USD 37.1 Billions yang kalau dirupiahkan angkanya lebih dari 500 Trilyun Rupiah.

Tapi belakangan mas Gadjah menurunkan targetnya yang tadinya endowment fund menjadi AUM (Asset Under Management). Artinya ini bukan dana yang seluruhnya didonasikan untuk ITB, tapi ini ada investor yang dikumpulkan dan diinvestasikan di Reksa Dana ITB Harmoni, yang keuntungan dan management feenya disumbangkan untuk ITB. Target AUM sebesar 1T ini mestinya masih masuk akal dicapai dalam 3 tahun kedepan ketika ITB genap 1 abad, karena saat ini saja besarnya AUM dari reksadana ITB Harmoni ini sudah mencapai 200 milyar, padahal baru diluncurkan Oktober 2017 bersamaan dengan acara ITB Ultra Marathon kemarin.

Yang menantang dari gagasan mas Gadjah ini adalah keinginannya untuk melibatkan sebanyak mungkin alumni ITB secara perseorangan untuk menginvestasikan dananya di reksadana ITB Harmoni. Ini sangat menantang, karena pengalaman selama ini sulit sekali mengajak alumni ITB mau menginvestasikan dananya secara perorangan dalam program seperti ini. Angka 200M itu mayoritas adalah dana korporasi dan bukan dana perorangan alumni ITB. Jadi ini sebuah gerakan yang menantang, bagaimana caranya supaya alumni ITB mau menginvestasikan dana pribadinya untuk program 1A1T ini.

Forum ITB84 sudah memulai gerakan ini dengan langkah nyata, mulai dari yang kecil, dan mulai sekarang. Setiap jurusan di angkatan 84 dihimbau untuk menginvestasikan dananya dengan target 50 juta rupiah per jurusan. Kalau semua jurusan berpartisipasi, maka akan terkumpul dana 1M rupiah dari Forum ITB 84 untuk diinvestasikan di reksadana ITB Harmoni ini. Memang masih sangat kecil untuk target 1T. Baru seperseribunya. Tapi kalau gerakan ini diterima dengan baik oleh seluruh alumni ITB, dan seluruh alumni ITB berbondong-bondong menginvestasikan dana pribadinya di reksadana ini, rasanya kok angka 1T itu bukan sebuah utopia.

Gerakan kecil ini insya Allah lama-lama akan menjadi bukit. Semoga.

Salam,
Hari

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

ITB dapat apa..?
16 Apr 2018 16:42

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat ap [ ... ]

Selanjutnya
Seni fund raising untuk ITB
16 Apr 2018 16:40Seni fund raising untuk ITB

ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang  [ ... ]

Selanjutnya
Lama-lama Jadi Bukit
23 Feb 2018 17:05

Lama-lama Jadi Bukit Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 [ ... ]

Selanjutnya
Dana Lestari ITB - seri 6
23 Feb 2018 17:03

Dana Lestari ITB - Seri 6
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun Ketika baru minggu lalu kami menggulirkan tag line [ ... ]

Selanjutnya
Berita Lainnya
©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal