Dana Lestari ITB - seri 5

Dana Lestari ITB - seri 5
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun

Setelah memahami permasalahan dan alternatif solusinya, lalu apa yang bisa kita lakukan..? Kami memulai dari lingkungan yang paling dekat yaitu jurusan AR84, Forum IT84,  dan Ikatan Alumni AR. Kepada teman2 di lingkungan terdekat ini, kami utarakan niat untuk membantu ITB dengan memanfaatkan dana idle yang dimiliki. Kami lalu mencoba melakukan penempatan dana tersebut ke RD Harmoni ITB atas nama Ikatan Alumni AR ITB dan Forum ITB84. Kebetulan kedua wadah tersebut, adalah wadah resmi komisariat di bawah naungan Ikatan Alumni ITB, sehingga kami bisa membuka account RD dengan menggunakan legalitas yang sudah dimiliki. Sebelumnya, kedua wadah tersebut juga telah memiliki account bank atas nama lembaga, di Bank Mandiri.

Lalu bagaimana dengan jurusan AR84 yang ingin berpartisipasi tapi tidak memiliki legalitas resmi..? Dana kolektif AR84 pada waktu itu hanya disimpan dalam tabungan atas nama perorangan bendahara AR84. Kami lalu mencoba menghubungi MI, dan mengutarakan permasalannya. Ternyata ada solusi yang diberikan, yaitu bisa membuka sub account AR84 dibawah Forum ITB84. Artinya, walaupun dalan pembukuan MI dana AR84 adalah milik Forum lTB84, namun pelaporannya bisa dibuat terpisah antara dana milik Forum ITB84 dan dana milik AR84.

Melihat kemudahan tersebut, kami lalu membuat group whatsapp dan mengumpulkan para ketua/bendahara masing2 jurusan di ITB84. Kami menerangkan niat tersebut di atas untuk secara kolektif membantu ITB, dan akhirnya ide ini didukung dan diikuti oleh jurusan SI84, TL84, Komunitas Festival Band, GD84, dan beberapa jurusan lain yang segera menyusul. Jurusan / komunitas tersebut bersama2 menempatkan dana idle di bawah sub account ITB84.

Di dalam group whatsapp tersebut, kami juga mengundang diskusi dari team MI. Sosialisasi ini secara perlahan bisa berjalan dengan sangat baik. Sekarang ujung tombak kepada para alumni ITB84 untuk menjelaskan konsep ini sudah semakin bertambah lebih banyak.

Ada catatan yang menurut saya menarik untuk diungkapkan. Sepanjang pengalaman saya aktif di ITB84 dan memobilisasi dana kolektif untuk membantu sesuatu hal, apakah itu bea siswa, teman yg sakit / kena musibah, membantu bencana dll, semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dalam hitungan hari atau minggu, pasti puluhan juta rupiah akan sangat cepat terkumpul dari masing2 individu alumni ITB84. Teman2 ITB84 itu sangat banyak yang generous untuk membantu sesama. Padahal ini adalah ajakan membuang duit, namun selalu diikuti dengan laporan pertanggungjawaban yang jelas.

Agak kontradiktif dengan hal di atas, untuk membantu ITB sendiri, ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Banyak sekali pertanyaan kritis dan bahkan resistensi, atas manfaat apa yang bisa diberikan dengan bersama2 melakukan hal ini. Padahal ajakan saya ini jauh lebih ringan, bukan membuang duit, tapi hanya sekedar melakukan investasi bersama pada sistem yang tepat, sambil bisa berdonasi kepada ITB. Yang saya amati, sekali lagi kata kuncinya adalah TRUST. Teman2 akan semakin mudah diajak terlibat apabila rasa percaya tersebut sudah lebih masuk dalam semangat kebersamaan untuk membantu ITB.

Hal inilah yang sedang dan harus kita bangun secara bersama2, sekaligus memberikan masukan kepada MI terhadap hal2 teknis, agar mempermudah proses pelaksanaannya. Kita tidak akan mungkin memperbaiki proses, apabila kita sendiri tidak ikut terlibat di dalamnya. Saya yakin apabila level Trust makin terbentuk, sosialisasi lebih banyak dilakukan oleh sesama alumni dan teknis pelaksanaannya semakin dipemudah, maka niat ini akan bisa bergulir seperti bola salju yang semakin lama akan bisa melibatkan jumlah alumni yang semakin banyak.

GM 19.02.2018

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

ITB dapat apa..?
16 Apr 2018 16:42

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat ap [ ... ]

Selanjutnya
Seni fund raising untuk ITB
16 Apr 2018 16:40Seni fund raising untuk ITB

ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang  [ ... ]

Selanjutnya
Lama-lama Jadi Bukit
23 Feb 2018 17:05

Lama-lama Jadi Bukit Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 [ ... ]

Selanjutnya
Dana Lestari ITB - seri 6
23 Feb 2018 17:03

Dana Lestari ITB - Seri 6
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun Ketika baru minggu lalu kami menggulirkan tag line [ ... ]

Selanjutnya
Berita Lainnya
©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal