Dana Lestari ITB - seri 4

Dana Lestari ITB - seri 4
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun

Seperti penjelasan dalam tulisan saya yang pertama, keterlibatan jumlah alumni dalam penggalangan Dana Lestari, melalui RD ini masih sangat kecil dibandingkan dengan jumlah alumni secara keseluruhan. Nilai AUM pada masing2 RD yang dikelola MI, kelihatannya relatif besar, namun sebagian besar berasal dari institusi dan hanya beberapa orang alumni saja yg menempatkan sejumlah dana ke instrumen RD dalam jumlah besar.

Kondisi ini menyebabkan posisi AUM menjadi sangat rentan. Bila karena sesuatu hal, satu atau dua investor besar melakukan penarikan dana, maka posisi AUM akan langsung berkurang banyak, dan akibatnya donasi ke BPUDL ITB akan juga menurun drastis. Ini adalah tantangan sekaligus juga potensi, bagaimana caranya memobilisasi sejumlah besar alumni lainnya agar mau terlibat.

Memang kami sadar, ini tidak mudah. Perlu waktu dan kesabaran. Ada beberapa point penting yang kami catat sbb :

1. Ujung tombak sosialisasi dan pemasaran produk ini harus dilakukan oleh sesama alumni (dengan dukungan BPUDL), dan tidak hanya diserahkan kepada MI saja. MI hanya bertugas untuk mengadministrasi proses teknisnya saja, sedangkan misi utama dalam menggalang rasa kebersamaan untuk penggalangan Dana Lestari, akan lebih efektif apabila dilakukan oleh sesama alumni. "Gue sudah melakukan ini dalam membantu ITB. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama".. kira2 begitu tag line-nya.

2. Potensi alumni itu ada 2 jenis, yaitu alumni yang sudah lulus dan yang akan segera lulus dari ITB. Untuk alumni yang sudah lulus, banyak sekali simpul2 alumni yang memiliki dana idle, yang saat ini belum efektif dimanfaatkan untuk digalang bersama dalam program Dana Lestari ini. Setiap angkatan, setiap jurusan, setiap kelompok minat, biasanya memiliki sejumlah dana idle yang disimpan dalam bentuk deposito / tabungan atas nama personil bendahara / ketua. Belum banyak komisariat di bawah ITB yang memiliki legalitas untuk bisa membuka account dan bisa melakukan peempatan dana di RD dengan mudah. Potensi in masih sangat besar dan perlu bersama2 dicarikan solusi terbaiknya.

3. Untuk para calon alumni yang akan segera lulus, di atas segala hitung2an ekonomis yang disampaikan, dari sejak awal perlu dikampanyekan untuk apa dana tersebut akan digunakan. Semangat berbagi, berbelas kasih, COMPASSION ! sebaiknya ditanamkan sejak mereka mulai kuliah. Kuliah umum yang disampaikan oleh alumni2 ITB senior yang selama ini dikenal sebagai filantrofi sangat memberikan inspirasi. Setiap orang berhak dan sah bercita-cita menjadi kaya (materi). Namun yang membedakan satu dgn lainnya adalah, untuk apa kekayaan itu mereka gunakan. Seseorang disebut 'kaya' karena sanggup memberi, bukan karena kemampuan 'mencari'.

Bila kedua jenis alumni ini bisa dimobilisasi secara efektif, saya percaya bahwa dana kolektifnya akan jauh lebih besar daripada nilai AUM yang ada selama ini. Selain itu jumlah investor yang banyak, akan membuat posisi AUM menjadi lebih stabil dan dengan demikian, nilai donasi ke BPUDL ITB pun juga akan stabil.

Terlepas dari potensi di atas, syarat utama untuk menumbuhkan kepercayaan dan semangat kebersamaan, adalah TRANSPARANSI atas pengelolaan dan pemanfatan dana yang berhasil dikoleksi. Untuk level MI saya sudah sangat percaya, karena mereka terikat oleh peraturan2 OJK yang ketat. Sedangkan yang masih perlu diperkuat adalah transparansi pada sisi simpul2 masa alumni dan BPUDL nya sendiri, yaitu bagaimana agar mereka bisa melaporkan manfaat atas dana kolektif yang diinvestasikan dan bagaimana dana tersebut bisa membantu ITB.

Semakin mudah informasi pengelolaan dan pemanfaatan dana tersebut bisa diperoleh oleh para alumni, maka akan semakin mudah pula kita semua meng-encourage teman2 alumni lainnya untuk ikut berpartisipasi. Ujungnya akan semakin besar dan stabil jumlah Dana Lestari yang bisa kita kontribusikan bagi kemajuan ITB.

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

ITB dapat apa..?
16 Apr 2018 16:42

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat ap [ ... ]

Selanjutnya
Seni fund raising untuk ITB
16 Apr 2018 16:40Seni fund raising untuk ITB

ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang  [ ... ]

Selanjutnya
Lama-lama Jadi Bukit
23 Feb 2018 17:05

Lama-lama Jadi Bukit Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 [ ... ]

Selanjutnya
Dana Lestari ITB - seri 6
23 Feb 2018 17:03

Dana Lestari ITB - Seri 6
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun Ketika baru minggu lalu kami menggulirkan tag line [ ... ]

Selanjutnya
Berita Lainnya
©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal