Dana Lestari ITB - seri 2

Dana Lestari ITB - seri 2
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun

Tulisan saya sebelumnya menjelaskan fakta, masih sedikitnya jumlah alumni yang terlibat dalam membantu ITB melalui instrumen reksadana. Kenapa begitu..? Setelah saya lakukan survey, maka ada beberapa hal penting yg saya temukan :

1. Pengetahuan para alumni tentang hubungan kelembagaan antara BPUDL dan MI, jenis2 RD dan bagaimana mereka bisa terlibat membantu ITB ternyata masih sangat kurang. Ini adalah masalah sosialisasi atas hal tersebut yang masih sangat belum optimal. Alumni itu tahunya, kalau mau bekontribusi yaa.. harus buang duit. Padahal tidak harus selamanya demikian.

2. Pengetahuan para alumni tentang produk RD secara umum masih sangat kurang. Jangan piikir bahwa setiap alumni ITB itu pasti sudah tahu semua bedanya antara  reksadana dan Danareksa..😀. Bahkan banyak yang belum paham apa itu instrumen reksadana (mutual fund), bagaimana cara membuka account RD, kemana menghubunginya, apa resiko2nya, apa benefitnya dll. Lagi2 ini adalah masalah literasi masalah investasi.

3. BPUDL menyerahkan usaha2 marketing sepenuhnya hanya kepada MI. Sementara MI tidak memiliki database alumni yang valid (saya rasa bahkan BPUDL juga tidak punya..😁), sehingga usaha MI mencari investor para alumni tidak optimal. Setiap kali disebarkan form2 pembukaan rekening, yang kembali le MI dan diisi oleh alumni jumlahnya tidak pernah banyak. Solusinya apa...? Jangan serahkan marketing hanya kepada MI, tetapi harus sinergi bersama antara seluruh stake holder. Testimoni alumni yang sudah masuk ke instrumen ini akan sangat membantu memberikan penjelasan kepada para alumni lainnya.

4. Alumni itu maunya simple, tanda tangan dan transfer. Kalau alumni diharuskan mengIsi form yang banyak kolom2 kecilnya, berlembar2, pasti males, apalagi kalau hal tersebut harus dilakukan di tengah2 event alumni yang sedang berlangsung (reuni, pesta, olah raga dll). Tetapi, MI memang harus comply dengan aturan2 OJK, sehingga proses ribet ini memang tidak bisa dihindari. Harus dicari solusi yang paling efektif, tetapi tetap harus tetap comply terhadap aturan yang ada. Misalnya, buatla dalam bentuk digital instead of harus hardcopy bermeterai..😀.

5. Alumni masih dianggap sebagai obyek investor yang sama semua oleh MI. Padahal tingkat literasi pemahaman produk dan profile mereka berbeda2, sehingga perlu materi sosialisasi yang paling cocok untuk masing2 jenis profile alumni tersebut. Leaflet yg generic yang disebarkan oleh MI, dalam bentuk tabel dan istilah2 keuangan, tidak pernah dibaca serius oleh kebanyakan alumni. Leaflet itu lebih cocok untuk alumni yg sudah paham atau untuk investor institusi. Kebamyakan para alumni yang lain, lebih mudah mencerna informasi dalam bentuk infografik yang simple.

6. Kemasan informasi yang disampaikan kepada alumni dalam berdonasi ke ITB sangatlah penting. Ada tingkatan2 jenis alumni dari yang paling generous, sampai yang masih pelit. Faktanya memang begitu. Walaupun ada beberapa opsi yaitu 100% yield didonasikan, 50% yield didonasikan, atau hanya sebagai reguler investor, tetapi hal ini masih kurang dicerna dng baik. Lagi2 mereka tahunya bahwa donasi itu yaa.. hanya buang duit. Padahal tidak harus demikian kan..? Nomer satu kita bisa ajak masuk para alumni sebagai investor reguler, yang artinya dengan demikianpun mereka sudah berdonasi ke ITB. Lalu sejalan dng benefit yang dirasakan, bisa diencourage agar mereka menjadi investor yng lebih generous dng memberikan sebagian yield kepada ITB.

7. Item benefit yang dirasakan alumni, bisa lebih optimal bila ada transparansi. Maksudnya, dari penerima dana donasi (BPUDL) bisa menyatakan, segini lho.. jumlah yang sudah kami terima dari kalian para alumni. Bikin display besar2an dan bisa dibaca semua orang dengan mudah. Hal ini akan membangkitkan solidaritas dan kebersamaan, sehingga mendorong alumni menjadi lebih generous. Alumni yg terlihat pelit itu sebenarnya mungkin bukan karena pelit yang sesungguhnya, tetapi mereka perlu tahu bahwa setiap donasi yang mereka berikan, manfaatnya digunakan untuk apa.

Masih ada beberapa hal teknis yang perlu diperbaiki dan dicari solusinya. Saya akan tuliskan pada edisi berikutnya.

GM 18.02.2018

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

ITB dapat apa..?
16 Apr 2018 16:42

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat ap [ ... ]

Selanjutnya
Seni fund raising untuk ITB
16 Apr 2018 16:40Seni fund raising untuk ITB

ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang  [ ... ]

Selanjutnya
Lama-lama Jadi Bukit
23 Feb 2018 17:05

Lama-lama Jadi Bukit Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 [ ... ]

Selanjutnya
Dana Lestari ITB - seri 6
23 Feb 2018 17:03

Dana Lestari ITB - Seri 6
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun Ketika baru minggu lalu kami menggulirkan tag line [ ... ]

Selanjutnya
Berita Lainnya
©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal