Dana Lestari ITB - seri 1

Dana Lestari ITB - seri 1
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun

Di Indonesia, saya hampir yakin tidak banyak universitas yang sudah memiliki dana lestari (endowment fund) yang berasal dari kontribusi para alumninya. Kalaupun ada, jumlahnya masih sangat kecil, dibandingkan dengan dana lestari yang dimiliki universitas2 terbaik di luar negeri. Itu adalah kenyataan.

ITB adalah salah satu yang memiliki unit pengelolaan Dana Lestari, yang dibentuk oleh rektorat. Namanya adalah BPUDL (Badan Usaha Pengelola Dana Lestari), ini adalah metamorfosa dari unit sebelumnya yang bernama SKD (Satuan Kekayaan Dana). Unit BPUDL ini berkantor di Villa Merah. Tugasnya adalah mengoptimalisasi portfolio aset yang dimiliki oleh ITB :  ada modal penyertaan usaha, pengusahaan aset properti milik ITB, dan lain2 termasuk adalah bekerja sama dengan Manager Investasi (MI) dalam menerbitkan instrumen keuangan reksa dana (mutual fund).

Sejauh yang saya ketahui, reksa dana dengan brand ITB ada dua yaitu RD Niaga ITB (bekerjasama dng CIMB Niaga Asset Management) dan RD Harmoni ITB (bekerjasama dng BNI Asset Management). Jauh sebelum kedua produk reksa dana itu, ada lagi yang namanya RD Ganesha Abadi, yang ini adalah produk kerjasama antara Bahana TCW dengan Ikatan Alumni ITB, bukan dengan BPUDL ITB.

Selain ITB dan IA ITB, institusi pendidikan / alumni yang memiliki produk reksadana adalah UI, ILUNI FEUI, IPB dan UGM, mungkin masih ada beberapa lain yang saya belum catat.

Berdasarkan riset yang saya lakukan, terhadap besarnya nilai kelolaan dana para Manager Investasi untuk masing2 produk RD tersebut, biasa disebut AUM (Asset under Management), maka per hari ini yang terbesar dimiliki oleh ILUNI FEUI (inget yaa.. ini alumni FEUI, bukan UI nya) . Baru disusul oleh ITB dan yang lain2 jumlahya masih sangat jauh dibawah.

Namun, dari semua produk RD yang terkait dengan institusi/alumni di atas, jumlah investor para pemegang unitnya masih sangat sedikit. Hampir 95% jumlah AUM berasal institusi, bukan alumni perseorangan / ritel. Kalau menilik jumlah investor ritel, hitungannya hanya puluhan orang, atau paling banter ratusan orang (tidak sampai 200 orang lah). Padahal, jumlah alumni itu puluhan ribu. Dengan demikian komposisi jumlah investor yang diharapkan dengan melibatkan jumlah alumni yang banyak, belum sama sekali dioptimalkan.

Dalam tulisan berikutya, akan saya uraikan situasi yang terjadi saat ini, dan bagaimana para stakeholder (BPUDL, MI, Alumni) bisa bersama2 mengoptimalkan potensi jumlah alumni yang belum tersentuh tersebut

GM 18.02.2018

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

ITB dapat apa..?
16 Apr 2018 16:42

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat ap [ ... ]

Selanjutnya
Seni fund raising untuk ITB
16 Apr 2018 16:40Seni fund raising untuk ITB

ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang  [ ... ]

Selanjutnya
Lama-lama Jadi Bukit
23 Feb 2018 17:05

Lama-lama Jadi Bukit Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 [ ... ]

Selanjutnya
Dana Lestari ITB - seri 6
23 Feb 2018 17:03

Dana Lestari ITB - Seri 6
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun Ketika baru minggu lalu kami menggulirkan tag line [ ... ]

Selanjutnya
Berita Lainnya
©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal