Membantu almamater

Mengajak teman2 untuk 'berdonasi' itu memang ada seninya. Kalau diminta donasi dalam jumlah yg kecil2 tetapi rutin, alasannya..."Repot transfernya, suka lupa.. mahalan biaya trasfernya". Kalau diminta dalam jumlah besar alasannya..."Sorry, gue lagi gak ada duit".

Tidak putus asa, mindset kami rubah. Ayo kita sama2 melakukan investasi kolektif melalui Reksadana Harmoni ITB. Kita taruh uang bareng2, dicatat, dilaporkan, dan kita tetap mendapat yield yang relatif lebih besar dari bunga tabungan / deposito. Dana itu tidak akan pernah hilang atau habis. Semakin lama disimpan akan semakin baik, tapi kalau sewaktu2 memerlukan, tetap bisa mencairkan pokok dan yield investasi yang diperoleh.

Dan dengan demikian, kita sudah membantu almamater. Lho.. kok bisa..? Iya, karena dari pengelolaan dana tersebut, di luar yield yang diperoleh (dan sudah dipotong pajak), fund manager (BNI AM), memungut management fee. Dari management fee tersebut, 33% disumbangkan ke almamater. As simple as that.

Kalau nanti berubah pikiran, menjadi alumni yg lebih genereous, ingin berdonasi lebih besar, misalnya... okay, 50% yield, atau 100% yield, akan saya sumbangkan semuanya ke almamater, maka hal itu pun bisa dengan mudah dilakukan. Dana pokoknya, tetap milik anda, tidak akan pernah hilang.

Yang dilakukan pengurus ITB84 adalah memberikan kemudahan. Ternyata, membuka account Reksadana, itu memang secara aturan OJK, tidak sesederhana yang dibayangkan. Harus mengisi form beberapa lembar, plus kirim underlying dokumen yang diperlukan untuk proses verifikasinya. Sementara alumni biasanya hanya mau sign dan transfer. As simple as that. Kami, pengurus ITB84 memfasilitasi kemudahan tersebut, dan kami lakukan administrasi pencatatannya setiap bulan. Selain itu, kami deal dng BNI AM... tidak ada entry/exit fee. Simple kan...?

Akhir Januari 2018, ide ini kami olah, dan dalam 2 minggu sd pertengahan Februari 2018, bisa terkumpul Rp. 375 juta (+ Rp. 100 juta dari lembaga nama lain). Not bad.. Ini bukan hanya dari 1 - 2 orang alumni lho.. tapi puluhan atau ratusan, yang terkoleksi dari masing2 jurusan.

Targetnya, secara teoritis per angkatan dari 23 jurusan, bisa lah terkumpul Rp. 1 M sampai tengah tahun ini. Dan.. mudah2an bisa tembus Rp 1 T untuk seluruh alumni ITB. Sekali lagi, ini adalah investasi sambil berdonasi (mungkin juga cocok disebut sedekah amal jariah), bukan bakar duit.

Masak sudah dibuat sederhana begini, masih mikir2 sih..? Kita dulu SPP nya murah, disubsidi rakyat. Sudah saatnya mengembalikan sebagian ke rakyat, melalui almamater dengan cara investasi kolektif, dan dana pokok anda tidak akan pernah hilang.

 

 

 

 

Turnamen Piala Rektor ITB

ITB dapat apa..?
16 Apr 2018 16:42

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat ap [ ... ]

Selanjutnya
Seni fund raising untuk ITB
16 Apr 2018 16:40Seni fund raising untuk ITB

ITB84 itu unik tapi keren. Semangat kompetisinya tinggi, dan bisa sangat bermanfaat untuk hal2 yang  [ ... ]

Selanjutnya
Lama-lama Jadi Bukit
23 Feb 2018 17:05

Lama-lama Jadi Bukit Ada yang mengatakan inisiatif  1A1TT  itu terlalu bombastis. Angka 1 [ ... ]

Selanjutnya
Dana Lestari ITB - seri 6
23 Feb 2018 17:03

Dana Lestari ITB - Seri 6
1A1T - 1 Abad 1 Trilyun Ketika baru minggu lalu kami menggulirkan tag line [ ... ]

Selanjutnya
Berita Lainnya
©2019 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal