arrow
arrow

 

   Tentang kami

Forum ITB84 didirikan oleh alumni ITB angkatan 1984, menjelang reuni ITB 84 ke 22 pada tahun 2006 yang lalu. Forum ITB84 terdaftar sebagai wadah resmi alumni ITB di bawah naungan organisasi Ikatan Alumni ITB

Read More..

 

   Turnamen Golf Piala Rektor ITB

Turnamen Golf Piala Rektor ITB adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Forum ITB84, bertururt-turut setiap tahun sejak tahun 2008, yang hingga tahun 2018 ini akan berlangsung ke 11.

Read More..

 

   In Memoriam

In Memoriam berisi daftar nama teman2 ITB84 yang telah mendahului kita semua.

Read More..

 

   Berita dan Kegiatan

Forum ITB84 memiliki beberapa kegiatan rutin diantaranya adalah Turnamen Piala Rektor ITB, Pengajian Rutin dan penyelenggaraan Bea Siswa ITB84. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan sarana silaturahmi sekaligus berbagi kepada sesama alumni.

Read More..

 

   Pengajian Rutin

Pengajian Rutin adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 bulan sekali. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan siraman rohani, sekaligus sebagai sarana bagi para alumni untuk mengumpulkan dana ZIS

Read More..

 

   Bursa

Bursa merupakan forum untuk medisplay usaha/produk yang dimiliki oleh alumni ITB84, yang juga dimaksudkan sebagai sarana untuk mencari dana bagi kegiatan Bea Siswa ITB84.

Read More..

 

   Laporan Keuangan

Forum ITB84 membuat laporan keuangan secara kontinyu setiap bulan. Laporan keuangan tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban Pengurus kepada para alumni ITB84, terkait dengan pengumpulan dana dan pemanfatannya setiap bulan dan pada kegiatan-kegiatan tertentu.

Read More..

 

   Bea Siswa ITB84

Program Bea Siswa ITB  merupakan komitmen bersama para alumni ITB84 untuk melaksanakan kegiatan sosial, melalui tag line “ITB84 Memberi”, yaitu dengan pemberian beasiswa putra-putri alumni ITB84 yang perlu dibantu selama pendidikannya

Read More..

 

   Dana Lestari

Forum ITB84 mendukung gerakan "Satu Abad ITB, Menuju Dana Lestari Rp. 1 Trilyun." Kami  melakukan pengumpulan dana kolektif dari masing-masing jurusan dan melakukan penempatan dana di RD Harmoni ITB. Harapan kami, hal tersebut bisa menginspirasi dan diikuti oleh Angkatan / Jurusan  / Komunitas ITB lainnya

Read More..

ITB dapat apa..?

"Djah, kalau kita placing di RD ITB Harmoni, dan yield investasi nya juga untuk kita, ITB dapat apa sih...?"
Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan teman2 saya.

Begini lho, supaya kamu juga happy bisa mendapatkan yield dari investasimu, maka yang bekerja keras memutar duit kamu itu namanya Manager Investasi (BNI AM). Nah, kamu dan kita semua ini, sebenarnya membayar ke manajer investasi, yang namanya Management Fee. Management Fee ini excluded dari yield yang bisa kita peroleh dari nilai investasi kita. Mau harga NAB investasimu lagi naik atau turun, maka management fee itu tetap harus dibayarkan. Jadi kalau di akhir periode investasi, misalnya yield kamu 8%, maka itu sudah net tidak dipotong management fee dan tidak dipotong pajak lagi.

Nah dari management fee itu, 33% diberikan kepada ITB. Makin besar kelolaan dana manajer investasi, makin besar shared management fee yang didonasikan ke ITB sebagai *Dana Lestari milik ITB.*

"Berapa yang sudah dikasih ke ITB, Djah..?", ini pertanyaan yang muncul berikutnya.

Begini, sebenarnya ini bukan tugas gue untuk menjelaskan dan memberi tahu. Seharusnya ini menjadi bagian tugas BPUDL ITB untuk menjelaskan dan say thank you kepada kita semua para alumni yang telah mau berdonasi. Tapi baiklah, saya bantu menjelaskan, karena data ini terbuka dan ada semua di manajer investasi.

Sejak akhir Okt 2017 (saat produk Reksadana ITB Harmoni di launch) sd Feb 2018, shared management fee yang diberikan ke ITB adalah sebesar Rp. 251 juta. Nilai itulah yang disebut Dana Lestari ITB dan seharusnya tidak boleh berkurang jumlahnya, karena harus diputar lagi sebagai portfolio reksa dana milik ITB.

Setiap dana kelolaan manajer investasi (namanya AUM = Asser under Management) mencapai jumlah Rp. 300 M, maka ITB akan menerima shared management fee sebesar k.l. Rp. 75 juta/bulan. Kalau dana kelolaan tersebut bisa mencapai Rp. 1 T, maka donasi shared management fee ke ITB sebesar k.l Rp 3 M per tarhun. Nilai Rp 3 M ini yang disebut Dana Lestari ITB dan lagi2 seharusnya tidak boleh berkurang jumlahnya.

"Kecil dong Djah..?", bisanya komentar berikutnya begitu.

Iya kecil.., karena donasimu HANYA dari shared magement fee saja. Kamu duduk manis, Manager Investasi yang bekerja, kamu dapat yield, dan ITB menerima shared management fee yang jumlahnya kecil itu. Mau lebih gede..? Bisa..!, kamu sumbangkan lagi sebagian atau seluruh yield yang kamu peroleh ke ITB. Mau nambah gede...? Kamu sumbangkan pokok investmentnya sebagai milik ITB juga.

Tapi tunggu dulu, makin gede donasimu, biasanya pertanyaan kamu pasti akan makin njlimet. Jadi tunggu saja penjelasan dan transparansi pemanfaatan dana oleh BPUDL atas donasi Dana Lestari yg mereka terima. Nah, kalau kamu juga mulai merasa comfortable dengan penjelasan BPUDL nanti, maka itulah sàat yang tepat untuk memperbesar nilai donasimu. Dan dengan demikian Dana Lestari ITB akan lebih cepat bertambah besar nilainya. Jelas kan..?

Pertanyaan standar berikutnya adalah, Ngomong2 Dana Lestari ITB yang dikelola BPUDL itu jumlahnya sekarang berapa..?...

Jawaban saya standar juga. Gue tahu, tapi gue tidak/belum berhak ngasih tahu. Lu donasi dulu... baru sama2 kita tanya ke BPUDL... 😜😜

Btw.. bagi yg belum tahu BPUDL adalah singkatan dari Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari. Ini lembaga resmi di bawah ITB, sebagai pengembangan dari (dulunya) unit SKD (Satuan Kekayaan Dana).

BPUDL ini mengelola portfolio asset ITB termasuk asset property milik ITB, penyertaan modal di unit2 usaha milik ITB dan mengelola portfolio investasi Dana Lestari ITB.

Institut

Jurusan

Alumni

Sekretariat

Forum ITB84
  Jalan Taman Cilandak Raya No. 45
Cilandak
Jakarta Selatan 12430
  +62-75911338, 75911357
  +62-21 7659855
   :  admin@itb84.net

©2018 Forum ITB84 | Powered by GM-Portal